Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Mudah - Informasi Seputar Kita
Headlines News :
Home » » Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Mudah

Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Mudah

Saturday, October 12th 2013. | Budidaya
Salah satu peluang usaha yang sampai saat ini masih diminati oleh para pelaku usaha adalah budidaya ikan lele dumbo. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, di mana seperti yang kita ketahui bahwa hasil dari budidaya lele dumbo memiliki pasar yang bagus dan juga jenis ikan lele adalah jenis ikan air tawar yang relatif kuat sehingga lebih mudah untuk dibudidayakan.
Budidaya Ikan Lele Dumbo
Memang untuk saat ini, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa yang namanya ternak ikan lele adalah hal yang berkaitan dengan kolam yang jorok. Padahal hal ini tidak selamanya terjadi jika anda mengetahui beberapa hal untuk mengatur kolam tersebut. Selain itu, kendala yang juga sering dihadapai adalah kurangnya lahan yang memadai sebagai tempat budidaya tersebut. Namun, untuk saat ini anda tidak perlu khawatir karena anda pun dapat menyiasatinya dengan cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang tentunya tidak membutuhkan lahan yang begitu luas.
Untuk saat ini, budidaya ikan lele dumbo memang masih sangat populer jika dibandingkan dengan jenis ikan lele lainnya. Ikan lele dumbo memang cenderung lebih cepat berkembang jika dibandingkan dengan jenis ikan lele lainnya dan perlu anda ketahui bahwa lele dumbo tahan terhadap kondisi air yang buruk sehingga hal ini akan membuat anda menghemat dari segi perawatannya. Namun, sebelum anda memutuskan untuk menekuni dunia budidaya khususnya untuk budidaya ikan lele dumbo, anda harus memahami beberapa hal, di antaranya yaitu:

Budidaya Ikan Lele Dumbo

Tujuan budidaya budidaya ikan lele dumbo

Sebelum memutuskan untuk melakukan budidaya, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa tujuan dari budidaya tersebut. Mengingat saat ini banyak yang berminat untuk melakukan budidaya lele, anda dapat melakukan langkah pembibitan. Bibit lele sepertinya akan menjadi prospek yang bagus untuk anda. Namun, selain itu, permintaan untuk konsumsi pun tak kalah menarik karena berbagai rumah makan pun terkadang kewalahan untuk mendapatkan pasokan ikan lele. Jika anda ingin fokus pada satu tujuan, sebaiknya anda melihat kondisi pasar di sekitar lingkungan anda tetapi jika anda memiliki lahan yang cukup luas dan memungkinkan untuk mencapai dua tujuan tersebut, akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Pembuatan kolam

Pastikan bahwa anda mengerti beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pembuatan kolam. Jika memang anda memiliki lahan yang minim untuk budidaya ikan lele dumbo, anda dapat memilih kolam terpal yang memang lebih ekonomis. Untuk jenis kolam terpal ini pun ada dua teknik dalam pembuatannya, yaitu untuk rangka dasar kayu dan juga galian tanah. Namun, banyak orang yang memilih teknik galian tanah karena dirasa lebih kuat.

Cara budidaya

Perlu untuk anda perhatikan bahwa lele dumbo merupakan jenis lele yang memiliki perkembangan relatif cepat dan untuk itu jika ada lele yang memiliki ukuran relatif besar jika dibandingkan yang lain, pisahkan saja. Hal ini untuk menghindari ikan lele yang lebih besar memangsa ikan lele yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, anda pun sebaiknya mengisi air dalam kolam dengan kedalaman 40 cm untuk lele ukuran 5-7 cm. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar lele anda tidak capek untuk memperoleh oksigen.
Meskipun lele merupakan jenis ikan yang kuat, anda juga harus memperhatikan air kolam tersebut. Usahakan untuk mengganti 10-30% air sekala berkala. Sedangkan untuk pasokan makanan, anda dapat memberikan pakan dua hari sekali atau lebih rutin dengan sekala yang lebih kecil.
Demikian uraian menarik mengenai budidaya lele dumbo dari BerWiraswasta.Com. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memulai berwiraswasta.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Administrator | My Site
Copyright © 2014. Informasi Seputar Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger