Cegah Kanker Serviks dengan Pap Smear - Informasi Seputar Kita
Headlines News :
Home » » Cegah Kanker Serviks dengan Pap Smear

Cegah Kanker Serviks dengan Pap Smear

kanker serviksKanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Bagi banyak orang, merupakan mimpi buruk jika terkena kanker. Berbagai upaya dilakukan untuk menghindari terkena kanker. Salah satu di antaranya adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini terhadap kanker. Banyak orang yang meninggal karena kanker yang seharusnya dapat dideteksi dini seandainya orang-orang mendapat pemeriksaan medis yang tepat.

Salah satu jenis kanker yang paling banyak memakan korban adalah kanker serviks. Kanker serviks setidaknya menelan korban satu wanita setiap jam di Indonesia. Karena itu, setiap wanita dan gadis remaja perlu mengetahui lebih jelas mengenai kanker jenis ini. Artikel ini akan membahas mengenai apa itu kanker serviks atau sering juga dikenal sebagai kanker leher rahim. Selain itu, artikel ini juga akan merujuk cara mengatasi dan mencegah kanker serviks sehingga seorang wanita merasa lebih yakin akan kesehatan pribadinya.

Kanker Serviks

Berikut ini penjelasan singkat mengenai kanker serviks. Kanker serviks terjadi pada area serviks atau leher rahim seorang wanita. Penyebabnya karena infeksi virus HPV atau human papillomavirus. HPV akan menimbulkan kutil pada pria maupun wanita, termasuk kutil pada kelamin. Jika terjadi infeksi HPV yang tidak sembuh-sembuh dalam kurun waktu yang cukup lama, maka kemungkinan terjadinya kanker serviks akan lebih besar. Namun jangan takut, jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik serta gaya hidup yang sehat, maka kebanyakan infeksi HPV akan hilang sendiri.

Cegah Kanker Serviks

Beberapa cara untuk deteksi dini kanker serviks adalah dengan melakukan pemeriksaan pap smear dan thin prep. Kedua metode pemeriksaan itu sudah terbukti cukup menekan angka kematian karena kanker serviks. Pemeriksaan pap smear lebih dikenal di masyarakat Indonesia bahkan sudah bisa dilakukan di tingkat Puskesmas. Metode perkembangan pap smear adalah thin prep yang lebih menjamin keakuratan hasil pengambilan sampel dari daerah serviks sehingga dapat didiagnosa dengan tepat jika terdapat sel atau jaringan yang abnormal. Metode pemeriksaan lainnya adalah Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) yang cukup terjangkau harganya serta metode yang lebih lanjut yaitu kolposkopi.
Semua pemeriksaan tersebut sebaiknya rutin dilakukan setidaknya setahun sekali agar dapat mendeteksi secara dini jika terjadi infeksi HPV. Infeksi HPV pada serviks dapat berkembang menjadi sel pre-kanker yang pada akhirnya jika tidak diatasi bisa menjadi kanker serviks yang mematikan. Kanker serviks bisa dicegah dan bisa diobati. Deteksi sejak dini dan rutin melakukan pap smear atau thin prep atau metode pemeriksaan lainnya untuk organ kewanitaan (pelvis) akan memperkecil risiko terkena kanker serviks. Ubah gaya hidup Anda dan juga pola makan Anda agar terhindar dari penyakit yang membunuh banyak wanita di dunia ini. Dengan demikian, maka kesehatan serviks atau leher rahim lebih terjamin. Dengan penanganan yang tepat, kanker serviks bukanlah sesuatu yang menakutkan.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kanker serviks, serta metode pap smear dan thin prep, Anda dapat menemukan informasi yang bagus pada artikel berikut ini:
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Administrator | My Site
Copyright © 2014. Informasi Seputar Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger