Napak tilas bangsa Viking ke Inggris - Informasi Seputar Kita
Headlines News :
Home » » Napak tilas bangsa Viking ke Inggris

Napak tilas bangsa Viking ke Inggris

Terbaru  20 Juli 2014 - 13:45 WIB

Replika kapal Viking yang berusia 1.000 tahun itu berhasil mendarat di daratan Inggris.

Penyerbuan bangsa Viking ke daratan Inggris sekitar 1.000 tahun silam seperti hidup kembali, ketika kapal kayu berukuran besar yang merupakan replika kapal Viking berlabuh di pelabuhan Merseyside, Inggris.
The Draken Harald, nama kapal kayu berukuran panjang lebih dari 35 meter itu, mendarat di Merseyside Jumat (18/07) lalu setelah melakukan perjalanan selama dua minggu di lautan lepas yang berbahaya dari Norwegia.
Merseyside dipilih sebagai tujuan akhir kapal ini, karena kota ini dulu pernah diduduki bangsa Viking. Kota ini juga memiliki peninggalan sejarah terkait kedatangan bangsa tersebut.
Melibatkan 30 orang awak, kapal ini sempat diserang badai sehingga tiang utamanya patah, setelah berlayar dari Kota Haugesund, Norwegia.
Ahli sejarah bangsa Viking dari Universitas Nottingham, Inggris, Steve Harding mengatakan, banyak peninggalan bangsa Viking yang terekam jelas dalam perjalanan kota Merseyside, termasuk bahasanya.
"Bahkan, beberapa nama tempat di dekat Stadion Anfield, yaitu Walton Breck, itu merupakan peninggalan bahasa Old Norse, yaitu 'brekka' yang berarti kemiringan di atas bukit," katanya memberi contoh.

Kapal ini memakan waktu dua minggu dalam perjalanan dari Norwegia ke Inggris.

Pelayaran bersejarah ini melibatkan 30 awak dan sempat terganggu akibat badai.
Bukti kehadiran bangsa Viking di daratan Inggris juga dibuktikan dari beberapa bukti arkeologis.

Penelitian DNA bangsa Viking

Rekonstruksi kapal Viking itu merupakan impian seorang pengusaha asal Norwegia, Sigurd Aase, yang memiliki minat sangat tinggi terhadap sejarah bangsa Viking.
Keinginannya itu terealisasi setelah dia bertemu Steve Harding, yang ternyata memiliki minat yang sama, kira-kira empat tahun lalu.
Keduanya kemudian ikut berlayar bersama dalam kapal ini untuk melakukan napak tilas perjalanan bangsa Viking ke daratan Inggris, sekitar tahun 902 Masehi.
Pembuatan kapal replika milik bangsa Viking ini memakan waktu dua tahun.
"Merseyside adalah tempat bersejarah bagi bangsa Viking. Saya pun lantas bertanya: mengapa Anda tidak sekalian berlayar ke Merseyside bersama replika kapal itu?" kata Harding menirukan ulang percakapannya dengan Sigurd Aase.
Bersamaan dengan pelayaran bersejarah ini, tim peneliti dari Universitas Leicester, Inggris, juga melakukan penelitian tentang DNA untuk melacak "hubungan" sejarah bangsa Viking dengan daerah taklukannya, Inggris.(brt/bbc)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Administrator | My Site
Copyright © 2014. Informasi Seputar Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger