• 8 November 2014
Ini akan menjadi lawatan internasional pertama Jokowi di forum internasional.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan akan bertemu untuk pertama kalinya dalam forum internasional APEC, kata Gedung Putih.
Konferensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) akan resmi dibuka pada Senin (10/11) besok di Beijing, Cina.
Dalam pertemuan APEC, Obama juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Tony Abbot, kata Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice seperti dilansir AFP.
Jokowi bertolak ke Beijing dengan pesawat kepresidenan pada Sabtu (08/11) pukul 09.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakata, kata Istana Kepresidenan.
Sejumlah media melaporkan Jokowi akan membawa agenda pembangunan infrastruktur di Asia.

Ini merupakan lawatan internasional pertama Jokowi setelah dilantik. Setelah menghadiri APEC pada 8-12 November, presiden dijadwalkan hadir pada ASEAN Summit di Myanmar pada 12-14 November.
Adapun pada 15-16 November, Jokowi akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Brisbane, Australia.
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry datang pada pelantikan Jokowi pada 20 Oktober lalu.
Dalam pertemuan diplomatiknya, Kerry meminta Jokowi dan para pimpinan negara Asia Tenggara untuk berperan aktif dalam memerangi ISIS atau kelompok yang mengklaim sebagai Negara Islam di Irak dan Suriah. ( brt/bbc)