Pencarian AirAsia QZ8501 hari kedua - Informasi Seputar Kita
Headlines News :
Home » » Pencarian AirAsia QZ8501 hari kedua

Pencarian AirAsia QZ8501 hari kedua

Pencarian AirAsia QZ8501 hari kedua

  • 29 Desember 2014


Pencarian pesawat AirAsia Indonesia QZ8501 dilanjutkan pada hari kedua, Senin (29/12). Sebanyak 162 orang di dalam pesawat - mayoritas warga Indonesia - masih dinyatakan hilang.
Halaman ini berisi perkembangan terbaru terkait upaya pencarian. Anda bisa klik di sini untuk memperbaharui halaman.
Sejauh ini, berikut beberapa fakta penting:
  • Pesawat AirAsia penerbangan QZ8501 hilang kontak di sekitar Teluk Kumai pukul 06.17 WIB dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, kata Basarnas.
  • Airbus A320-200 membawa 162 orang ketika hilang di laut terdiri dari Indonesia 155 orang, 1 Singapura, 3 Korea Selatan, 1 Prancis, 1 Malaysia dan 1 dipastikan warga negara Inggris.
  • Telepon darurat untuk kerabat dan keluarga penumpang adalah +622129270811.
  • Sebanyak 12 kapal, dua pesawat hercules, dan dua helikopter puma dikerahkan untuk melakukan pencarian di hari kedua, kata Kepala Badan SAR Nasional. Sejumlah negara termasuk Malaysia dan Singapura juga ikut membantu.
_________________________________________________________
14.30 WIB
Seorang perempuan berbicara kepada wartawan bagaimana dia dan sembilan anggota keluarganya sempat memesan kursi pesawat QZ8501.
Rencananya 10 anggota keluarga ini berencana ke Singapura untuk merayakan tahun baru, namun akhirnya batal karena jam penerbangan digeser dan mereka terlambat check in.
"Saya terkejut mendengarnya dan menangis," kata Christianawati, kepada AFP.
"Mungkin ini adalah rencana Tuhan bahwa keluarga dan saya tidak jadi terbang. Ini adalah anugerah dibalik peristiwa yang buruk."
______________________________________________________________
14.13 WIB - Facebook
Presiden Joko Widodo dalam halaman Facebook resminya mengajak bangsa Indonesia berdoa untuk keselamatan penumpang dan awak QZ8501.
"Kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Basarnas juga kepada pihak TNI dan Polri, serta relawan-relawan teruslah bekerja keras untuk menemukan pesawat yang hilang kontak," katanya.

Jokowi mengatakan, "saya juga berdoa kepada Allah SWT memohon keselamatan penumpang-penumpang pesawat Air Asia QZ 8501."
_______________________________________________________________
14.08 WIB - Twitter

Melalui akun Twitter, Jusuf Kalla mengatakan akan bertolak ke Surabaya.
"Sebelum take off menuju Surabaya, saya mendapat penjelasan dari Menhub terkait upaya pencarian Air Asia QZ8501."
 



_______________________________________________________________
13.51 WIB
Otoritas Penerbangan Sipil di Singapura merilis pernyataan: "Indonesia telah menerima bantuan Singapura, yaitu dua tim spesialis dan dua set detektor sinyal bawah laut untuk membantu menemukan rekaman data penerbangan pesawat AirAsia QZ8501."
"Empat orang spesialis dari Biro Investigasi Kecelakaan Udara Kementerian Transportasi dan peralatan mereka sudah siap diberangkatkan."
_______________________________________________________________
13.45 WIB
Kerabat para penumpang pesawat QZ8501 berdoa bersama selagi mereka menunggu kabar di Bandara Internasional Juanda di Surabaya.


_______________________________________________________________
13.40 WIB - Twitter
Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan, "Kapal dan pesawat kami sedang melakukan pencarian di timur Pulau Belitung di wilayah 11.400 persegi mil laut."




_____________________________________________________________
13.30 WIB
Ayah pilot Iriyanto sangat emosional ketika berbicara kepada BBC. Dia mengatakan dia berharap anaknya bisa kembali dalam keadaan sehat, namun menambahkan jika Tuhan menghendaki lain, dia akan menerimanya.
Dia menunjukan foto-foto Iriyanto dan istrinya pada saat upacara pernikahan.





_______________________________________________________________
13.23 WIB
BBC bertemu dengan keluarga pilot Iriyanto - pilot yang bertugas dalam penerbangan QZ8501.
Di rumah keluarga, banyak orang berdatangan menyampaikan harapan dan doa. Ayah dan ibu Iriyanto memberikan sejumlah foto-foto yang menunjukan perkembangan karir anaknya.



_______________________________________________________________
13.06 WIB - Twitter
Tagar #PrayforAirAsia masih menjadi yang terpopuler di media sosial Twitter. Para pengguna mengungkapkan harapan mereka agar pencarian bisa membuahkan hasil.
@dendianugerah_: Berdoa untuk keselamatan Air Asia. Semoga kemungkinan terburuk itu tidak terjadi. #PrayForAirAsia
@r1hermawan: @HilmawanPerdani Setidaknya masih ada harapan walaupun hanya 1%.. :-) Still keep to #PrayForAirAsia #QZ8501
‏@ADLRachman: semoga kabar baik segera menghampiri keluarganya, semoga yg datang tangis bahagia karna keselamatannya #PrayForAirAsia
_______________________________________________________________
13.02 WIB - Twitter
CEO AirAsia Tony Fernandes, "Tetap positif dan tegar. Hati saya terluka untuk semua keluarga penumpang dan kru pesawat. Tidak ada yang lebih penting bagi kami."

Dia juga mengatakan dukungan Indonesia luar biasa. "Kemana pun saya pergi, yang ada yang ada hanya dukungan yang murni."

_______________________________________________________________
12.47 WIB
Pencarian pesawat dipimpin oleh Indonesia dan dibantu oleh Singapura dan Malaysia. Australia dan Cina juga telah menawarkan bantuan.
Kepala Badan SAR Nasional, Henry Bambang Soelistyo, mengatakan berdasarkan informasi awal, ada kemungkinan pesawat berada di bawah laut.
Wartawan BBC, Alice Budisatrijo, di Surabaya melaporkan pencarian dimulai di titik hilang pesawat. Namun pencarian juga bisa meluas ke arah barat dan selatan, kata otoritas kementerian perhubungan.
_______________________________________________________________
12.43 WIB


Keluarga para penumpang menati kabar di Bandara Juanda, Surabaya.
Selamat datang dalam pelaporan langsung kami dalam pencarian pesawat AirAsia yang hilang Minggu (28/12) dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura.
Rute yang dilalui QZ8501 merupakan rute yang padat. AirAsia sebelumnya memiliki sejarah keselamatan yang baik dan belum ada indikasi apapun terkait penyebab hilangnya pesawat. Otoritas terkait mengatakan QZ8501 tidak memberikan sinyal darurat.
Pencarian dihentikan sementara pada Minggu (28/12) malam, namun dimulai kembali pagi ini. Tim pencari berkonsentrasi pada wilayah laut antara pulau Kalimantan dan Jawa. Anda bisa berpartisipasi melalui email indonesia@bbc.co.uk atau mention Twitter kami, @BBCIndonesia. ( brt/bbc )
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Administrator | My Site
Copyright © 2014. Informasi Seputar Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger